Jumat, 11 Mei 2018

Looping For Pada Javascript dan Contohnya


Pada tutorial sebelumnya kita telah belajar mengenai operator aritmatika pada javascript, tetapi pada tutorial tersebut ada yang belum saya jelaskan. Yaitu tepatnya pada bagian increment dan decrement atau penambahan nilai dan pengurangan nilai sebanyak 1 nilai. Untuk itu pada artikel ini saya akan membuat tutorial cara Looping For Pada Javascript dan Contoh penggunaanya. Untuk memulainya, silakan buat sebuah file bernama perulangan.html.

Looping For Pada Javascript

Looping atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai perulangan, adalah sebuah proses untuk menampilkan data baik itu string atau method secara berulang-ulang. Fungsi ini sangat berguna dalam bahasa pemrograman, apabila kita memiliki 100 atau 1000 data yang ingin ditampilkan, kita cukup menggunakan fungsi for untuk menampilkannya. Cara membuatnya pun juga cukup mudah, buka file perulangan.html anda lalu salin sintaks dibawah ini : 

Perulangan Increment ( Bertambah )

Sedikit penjelasan mengenai sintaks diatas :

  • var text adalah sebuah variabel untuk menyimpan data hasil looping for, pertama deklarasikan text sebagai string dengan mengisikan double quotes
  • var i adalah variabel yang berguna untuk menentukan nilai dari perulangan tersebut, 
  • Pertama kita definisikan var i, kemudian pada fungsi perulangan for kita definisikan var i bernilai 0 atau perulangan dimulai dari angka 0, lalu i memiliki nilai kurang dari sama dengan 10, dan i adalah nilai yang selalu bertambah atau increment ( i++ )
Setelah itu coba untuk membuka file tersebut di browser anda, maka akan tampil seperti screenshot dibawah ini :

Seperti yang anda lihat pada screenshot diatas, perulangan dilakukan secara bertambah atau increment dengan menggunakan simbol ++. Lalu bagaimana cara melakukan perulangan decrement atau perulangan yang nilainya berkurang? Kita hanya perlu mengubah sintaks kita sedikit sehingga akan terlihat seperti berikut : 

Perulangan Berkurang (Decrement)

Pada sintaks diatas terlihat perbedaan yang cukup jelas. Jika pada perulangan increment kita menggunakan simbol ++, maka pada perulangan decrement kita menggunakan simbol -- karena perulangan selalu berkurang 1 angka. Selain itu juga kita tentukan bila var i bernilai 10 dan var i lebih dari 0 sehingga perulangan akan dimulai dari angka 10 dan berkahir di angka 0. Anda bisa melihat hasilnya pada screenshot dibawah :

Itulah artikel saya mengenai tutorial Looping For Pada Javascript dan Contohnya. Jika ada yang belum jelas silakan tanyakan melalui komentar dibawah, semoga bermanfaat!.

Related Posts

Looping For Pada Javascript dan Contohnya
4/ 5
Oleh