Sabtu, 28 April 2018

Pengertian & Persiapan Codeigniter

Pengertian Codeigniter : 

Apa itu codeigniter? Menurut halaman wikipedia, Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang digunakan untuk membangun website dengan model MVC ( Model, View, Controller ). CodeIgniter memudahkan developer dalam membuat website dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006.

Persiapan Menggunakan Codeigniter : 

Sebelum kita belajar membuat CRUD ( Create, Read, Update, Delete ) menggunakan codeigniter, saya harap teman-teman yang mengikuti tutorial ini sudah bisa menggunakan fungsi dasar PHP sehingga nantinya tidak 'kagok' dalam mengikuti tutoria ini. Jika teman-teman ingin belajar membuat CRUD dengan native PHP bisa menuju tutorial dibawah ini : 
Kembali ke tutorial CI, sebelum kita menggunakan codeigniter, pertama download terlebih dahulu framework ini melalui website officialnya di website codeigniter. Setelah anda mendownload framework tersebut, langkah berikutnya adalah membuat database untuk menyimpan data pada CRUD kita nantinya. Untuk membuatnya anda bisa langsung mengakses phpmyadmin melalui http://localhost/phpmyadmin/ lalu buatlah database baru dengan nama ci_crud.

Setelah itu buatlah tabel baru dengan nama karyawan dan sesuaikan isi tabel sama dengan screenshot dibawah ini : 


Kemudian buka folder htdocs anda, biasanya secara default ada di C:\xampp\htdocs, kemudian buatlah folder baru dengan nama karyawan. Selanjutnya copy file codeigniter yang sebelumnya sudah kita download, lalu paste-kan kedaam folder karyawan, jika anda mengalami kesulitan, silakan lihat screenshot dibawah ini : 


Selanjutnya masukan folder project kita ( folder karyawan ) kedalam sublime text atau text editor yang anda pakai. Kemudian kita akan melakukan konfigurasi untuk mengatur database serta modul yang akan kita pakai.

Buka file autoload.php, bisa anda temukan didalam folder application/config/, kemudian perhatikan line 61, isikan database kedalam libraries seperti pada screenshot dibawah ini : 


Masih di folder yang sama, bukalah file bernama config.php kemudian pada bagian base_url isikan url project kita yaitu http://locahost/karyawan/, anda bisa melihat pada gambar dibawah ini : 


Terakhir buka file bernama database.php kemudian konfigurasikan sama seperti pada gambar dibawah ini : 


Setelah semua langkah diatas anda selesaikan, cobalah untuk membuka project kita melalui url http://localhost/karyawan/. Anda akan menemukan tampilan seperti gambar dibawah ini : 


Gambar diatas menampilkan controller default codeigniter yaitu controller Welcome, kita akan mengganti controller tersebut dengan controller kita sendiri yang akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.

Related Posts

Pengertian & Persiapan Codeigniter
4/ 5
Oleh