Minggu, 22 April 2018

Membuat Web Berita Sederhana Dengan PHP & MYSQLi - Part 4

Membuat Halaman Login

Halaman admin tidak bisa diakses oleh sembarang orang, maka dari itu dibuatlah sistem keamanan dengan menggunakan login. Login memproses data pengguna dengan mencocokan antara username serta password yang ada didalam database. Untuk itu seperti pada langkah awal, cek terlebih dahulu tabel users pada database kita, pastikan anda telah mengisi data dengan rincian sebagai berikut : 
  • username : admin
  • password : admin
  • role : 1
Selanjutnya buka file login.php yang ada pada folder admin. Ketikan sintaks seperti dibawah ini pada file login.php :

Penjelasan singkat sintaks diatas :
  • if($_SESSION['user']) : mengecek apakah session user sudah ada, jika sudah ada maka akan dialihkan ke halaman index.php
  • isset($_POST['go']) : memproses tombol submit bernama go (button type="submit" name="go"
  • cek_data(trim($user.... : function ini akan kita tambahkan sendiri kedalam file admin.php , function ini berfungsi untuk mencocokan data yang diinput user yakni username dan password dengan data yang ada didalam database
  • $_SESSION['user'] = $user : proses ini adalah proses yang akan dilakukan apabila pencocokan data yang diinput oleh user sama dengan data yang ada di database (username & password), jika berhasil makan username yang diinputkan oleh user akan disimpan kedalam session bernama user
Kemudian buka kembali file admin.php didalam folder application/functions, lalu tambahkan sintaks berikut kedalam file admin.php :

Jika sudah, buka kembali file index.php pada folder admin. Kemudian tambahkan sintaks untuk mengecek session sehingga sintaks pada index.php anda akan terlihat seperti pada gambar dibawah :
Saya akan menjelaskan sedikit tentang sintaks diatas :
  • empty($_SESSION['user'] : fungsi ini berguna untuk mengecek apakah session dengan nama user kosong, apabila kosong maka akan diredirect kehalaman login.php dengan fungsi header.
  • getUserData($_SESSION['user']) : fungsi ini sudah kita tuliskan di file admin.php, fungsi ini berguna untuk mengambil data user berdasarkan username yang tersimpan didalam session browser.
Jika anda sudah menambahkan sintaks pada halaman index.php, langkah selanjutnya adalah buka url web kita melalui http://localhost/websaya/admin , apabila anda diredirect kehalaman http://localhost/websaya/admin/login.php maka fungsi pada halaman index.php berjalan dengan baik, jika tidak coba untuk menghapus data browser anda atau gunakan browser lainnya.

Sekarang bukalah halaman login website kita (http://localhost/websaya/admin/login.php), lalu akan tampil form login seperti gambar berikut :
Kemudian isikan username admin serta password admin, jika anda berhasil maka anda akan diarahkan ke dashboard web kita atau di url akan tertulis http://localhost/websaya/admin tanpa teredirect kehalaman login.php. Oke sampai disini dulu, akan saya lanjutkan besok!.

Related Posts

Membuat Web Berita Sederhana Dengan PHP & MYSQLi - Part 4
4/ 5
Oleh

1 komentar:

21 Agustus 2019 00.19 delete

Bang kok punya saya error
Notice: Undefined index: user in D:\xampp\htdocs\blog\admin\login.php on line 7

line 7 : if($_SESSION['user']){
Apanya yg salah ya ?

Reply
avatar