Senin, 23 April 2018

Membuat Web Berita Sederhana Dengan PHP & MYSQLi - Part 10

Pembuatan Halaman Administrator Website Bagian 7 ( Edit & Hapus Artikel  )


Setelah halaman data artikel kita buat, langkah berikutnya adalah membuat aksi untuk edit artikel dan hapus artikel seperti yang saya tuliskan di tutorial sebelumnya. Untuk edit artikel, sintaks dan fungsi-fungsinya akan mirip dengan form tambah artikel, untuk itu jika form tambah artikel anda berhasil maka pada edit artikel ini anda tidak akan mengalami kesulitan, berikut tutorialnya.

Form Edit Artikel

Untuk membuat form edit artikel, seperti biasa, pertama buka folder pages yang ada didalam "websaya/admin/pages" dan buat sebuah file php dengan nama edit-artikel.php. Buka file yang sudah kita buat kedalam text editor yang anda gunakan, kemudian isikan sintaks dibawah kedalam file tersebut : 

edit-artikel.php
Penjelasan singkat sintaks diatas : 
  • $id = $_GET['id'] : menerima data id dengan method get kemudian menyimpannya kedalam variabel $id
  • if(updateArtikel($id, $ju... : function ini berguna untuk melakukan update data artikel berdasarkan id artikel, function ini sudah kita buat di file admin.php pada tutorial yang sebelumnya yang bisa anda baca disini
  • $dataArtikelPerId = getArtikelPerId($id) : function untuk mengambil data artikel berdasarkan id artikel
  • while($row=mysqli_fetch_assoc($dataArtikelPerId)){ : perulangan untuk menampilkan data artikel berdasarkan id artikel
  • $da_judul = $row['judul'] : variabel $da_judul menyimpan data yang ada pada baris judul atau pada tabel konten di database kita
Setelah anda selesai dengan sintaks diatas, selanjutnya silakan buka halaman data artikel anda melalui url http://localhost/websaya/admin/index.php?p=data-artikel, kemudian klik button edit atau button ber-icon pensil, maka anda akan dialihkan ke halaman edit artikel, atau bisa anda lihat screenshot dibawah ini : 

(Maaf saya lupa mengedit title Tambah Artikel menjadi Edit Artikel, tapi ss diatas sudah ada dihalaman edit-artikel.php) Setelah berhasil seperti pada screenshot diatas, kemudian lakukan edit artikel dengan mengganti judul artikel, kategori, gambar, dan isi artikelnya. Anda bisa lihat apa yang saya isikan pada gambar dibawah : 
Kemudian lakukan update dengan menekan tombol edit artikel, apabila proses edit berhasil maka akan terlihat seperti pada screenshot dibawah ini : 

Jika anda telah berhasil membuat halaman edit artikel, langkah berikutnya adalah dengan membuat halaman hapus artikel dimana halaman ini akan memproses hapus artikel dari database.

Proses Hapus Artikel

Seperti pada tutorial membuat hapus kategori, cara membuat proses hapus artikel juga tidak jauh berbeda. Pertama bukalah folder pages di "websaya/admin/pages", kemudian buatlah sebuah file php baru bernama hapus-artikel.php. Setelah itu buka file tersebut di text editor dan isikan sintaks dibawah ini : 

hapus-artikel.php

Penjelasan sintaks diatas : 
  • $id = $_GET['id'] : menerima data dengan method get id, kemudian menyimpannya kedalam variabel $id
  • $getUrl = getArtikelPerId($id) : function untuk mendapatkan data artikel berdasarkan id artikel
  • $urlgambar = $row['gambar'] : mendapatkan url gambar dari tabel konten kemudian menyimpannya kedalam variabel $urlgambar
  • if(hapusArtikel($id)){ : menjalankan function hapus artikel dari database
  • basename($urlgambar) : mendapatkan base name dari url gambar, misalkan sebuah gambar disimpan dalam sebuah web dengan url http://localhost/websaya/gambar/nobita.jpg, maka basenamenya adalah nobita.jpg
  • $urlgambar = '../gambar/'.basename($urlgambar) : mengubah value $urlgambar dengan menambahkan value '../gambar/' sehingga value variabel $urlgambar saat ini menjadi $urlgambar = '../gambar/nobita.jpg'
  • unlink($urlgambar) : menghapus gambar yang ada didalam folder gambar
Jika anda sudah membuat hapus-artikel.php, kali ini buka halaman data-artikel melalui http://localhost/websaya/admin/index.php?p=data-artikel kemudian tekan button hapus atau button ber-icon sampah. 

Jika berhasil maka anda akan diarahkan kembali ke halaman data artikel dan artikel yang sudah kita buat sebelumnya sudah hilang atau terlihat seperti screenshot dibawah ini.
Untuk tutorial part 10 saya sudahi sampai disini, untuk tutorial selanjutnya akan saya buat secepatnya.

Related Posts

Membuat Web Berita Sederhana Dengan PHP & MYSQLi - Part 10
4/ 5
Oleh