Minggu, 22 April 2018

Membuat Web Berita Sederhana Dengan PHP & MYSQLi - Part 2

Membuat struktur folder project


Sebelum mengikuti langkah ini, download terlebih dahulu tiga template dibawah ini :

  • https://drive.google.com/file/d/15aXXTyA_nBRvUaolBn3RwUByoGTnKKpO/view?usp=sharing
  • https://drive.google.com/file/d/1B2_VZP3fXBdl_mi-huurEIQQ8Huegtzu/view?usp=sharing
  • https://drive.google.com/file/d/14pEg7FB7ZWT1DVnOYYjw6R-uOCgQ0t9e/view?usp=sharing

Setelah anda berhasil membuat database, langkah selanjutnya adalah dengan membuat struktur folder project website. Masuk ke folder htdocs di XAMPP anda, atau secara default folder tersebut ada di C:\xampp\htdocs. Buatlah sebuah folder dengan nama websaya didalam folder htdocs. Kemudian buatlah 3 folder dengan nama admin, application, dan gambar didalam folder websaya. Setelah itu copykan file template bernama 10-example-layout-one-fixed.zip kedalam folder websaya, lalu extract. Setelah itu masuk kedalam folder admin dan buatlah dua folder baru bernama pages dan views. Maka struktur folder project didalam folder websaya akan terlihat seperti screenshot dibawah ini :
 
Setelah anda membuat folder-folder seperti pada screenshot diatas, selanjutnya buat folder lagi didalam folder application dan berikan nama folder tersebut dengan nama functions & lib. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot dibawah : 
 
Masuk kedalam folder lib dan buatlah file bernama config.php dan isikan kodingan berikut kedalam file config.php lalu simpan :

<?php
$baseurl               = 'http://localhost/websaya/';
$adminurl            = 'http://localhost/websaya/admin/';
Setelah berhasil membuat file config.php, selanjutnya buatlah file bernama koneksi.php didalam folder yang sama, kemudian ketikan kodingan berikut lalu simpan :
<?php
session_start();
$host = 'localhost'; //127.0.0.1
$user = 'root';
$pass = '';
$db = 'db_websaya';
$link = mysqli_connect($host, $user, $pass, $db) or die(mysqli_error());
Masuk kedalam folder functions dan buatlah file bernama app.php kemudian ketikan kodingan dibawah kedalam file tersebut :

Setelah file file tersebut dibuat, buat lagi file dengan nama admin.php didalam folder functions, kali ini kita tidak perlu mengisikan apapun kedalam file ini. Jangan lupa untuk menyimpannya.

Related Posts

Membuat Web Berita Sederhana Dengan PHP & MYSQLi - Part 2
4/ 5
Oleh